Cara Memasang Google Analytics di Blogger

Install Google Analytics
Setelah Anda men-setup blog Anda dan mulai mempublikasikan konten berkualitas, waktu untuk melacak statistik trafik untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengunjung yang yang mengunjungi blog Anda, dari mana mereka berada, berapa banyak waktu yang mereka habiskan di blog Anda dll. 

Google Analytics adalah alat terbaik yang disediakan oleh Google untuk dengan mudah melacak dan memeriksa statistik nyata dan akurat dari traffic blog kita. Kecuali ini Anda juga dapat memeriksa tingkat yourblog itu bouncing, pengunjung unik, tampilan halaman dan kunjungan dengan menambahkan Google Analytics untuk blog Anda. Pelacakan statistik lalu lintas blog ini sangat penting jika Anda ingin tahu bahwa apa yang terjadi di blog Anda dan perilaku pengunjung Anda. Sekarang Anda sadar dengan manfaat menginstal GA di blog jadi mari kita lihat bagaimana cara menginstalnya.


Membuat akun Google Analytics 

Sebelum anda menambahkan GA ke blog Anda, Anda memerlukan akun GA. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya:
  1. Masuk ke Google Analytics.
  2. Sign in menggunakan akun Google atau Gmail.

  3. Google Analytics Sign up

  4. Click pada tombol "Sign Up" di page selanjutnya.


  5. Setelah Anda mengklik tombol mendaftar Anda akan redirect ke halaman berikutnya di sana Anda harus mengisi sebuah lembaran dengan memasukkan Judul Blog, URL, Negara Anda, Blog Kategori dan nama Rekening. Anda dapat memasukkan judul blog Anda sebagai nama akun Anda atau dapat memilih apa pun yang membantu Anda untuk mengenali blog Anda. Lihat di bawah layar untuk proses lengkapnya.


  6. Setelah Anda mengisi semua rincian klik tombol. "Get Tracking ID" .
  7. Lalu klik di "I Accept" pada "GOOGLE ANALYTICS TERMS OF SERVICE" pop up page.
  8. Jika semuanya langkah dilakukan dengan benar maka anda akan mendapatkan ID Pelacakan seperti "UA-39654221-1" di pojok kiri atas dan kode Pelacakan dalam sebuah kotak. Sekarang mari kita pergi ke langkah berikutnya.

Memasang Google Analytics ke Blog

Untuk menambahkan GA di blog Anda, Anda harus melakukan 2 langkah. Pertama Anda harus menambahkan Pelacakan ID Anda dalam pengaturan blogger dan kemudian menempatkan kode pelacakan dalam template Anda.

Menambah Google Analytic ID ke Blogger 

  1. Masuk ke Blogger >> Settings >> Other
  2. Dibagian bawah ada "Analytics Web Property ID" dan masukan kode Tracking ID.

  3. Tracking ID

  4. Save Settings.

Menambah Tracking Code 

  1. Masuk ke Blogger >> Template >> Edit HTML
  2. Cari kode </body>
  3. Dan Simpan Kode Tracking di atasnya.
  4. Save template.
  5. You are done!
Sekarang Anda telah menyelesaikan semua proses instalasi dan menambahkan Google Analytics di blogger. Ini akan memakan waktu sekitar 24 jam untuk menunjukkan laporan trafik  di Google Analytics.
Baca juga artikel menarik lainnya :
Submit Blogger Sitemap To Google
Pengertian dan 13 Cara Ampuh Mengatasi Bounce Rate
Cara Membuat Label Breadcrumbs Terindex Google.
- Cara membuat Contact Us Form menggunakan google drive

Last Word

Jadi kesimpulannya, setiap perubahan trafik serta jumlah pengunjung dan masih banyak lagi dapat kita lihat dengan google analytic. Bahkan sampai ratio bounce rate dapat kita lihat disana. Di google analytic kita juga dapat menemui keyword yang sedang dicari. Sekian post tentang Cara Memasang Google Analytics di BloggerJangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)


Share this

Related Posts

close