Cara Membuat Label Breadcrumbs Terindex Google


Apa sih breadcrumb itu? Breadcrumbs adalah sebuah navigasi pada blog yang biasanya memberikan informasi kepada pengunjung blog, dimana posisinya sekarang. Maksudnya, posisi atau letak postingan yang mereka baca. Sedangkan definisi yang dibuat oleh Wikipedia seperti ini "Breadcrumbs or breadcrumb trail is a navigation aid used in user interfaces", semoga Anda mengerti artinya. 


Breadcrumbs merupakan gambaran bagi siapa saja yang ingin memperhatikan bahwa sebuah blog atau website yang terpasang breadcrumbs adalah seperti akar atau tangga yang bertingkat-tingkat. Biasanya tingkat tertinggi adalah home/beranda dari blog atau website itu sendiri. 

Breadcrumbs memang sangat ampuh untuk menunjang SEO yang ada diblog kita. Dan saya pun sudah merasakan manfaatnya. Mungkin Anda sudah memasang kode breadcrumbs yang langsung terindex oleh google di blog anda. Dan hasilnya hanya menampilkan satu label saja pada hasil pencarian. Hanya satu label saja ya ? gimana kalo bisa dua ? Kan akan ada 2 label serta isi post juga ikut terindex. Berarti itu suatu keuntungan bagi kita agar dapat muncul di SERP awal (teratas). Nah sekarang saya sudah tahu solusinya.

Jika anda tertarik mengikuti tutorial kali ini, anda dapat mengikuti step by stepnya dibawah ini:

Pembahasan

1.  Log in ke akun blogger anda.
2.  Masuk ke template » dan Edit HTML
3.  Bagi anda yang sudah memasang kode breadcrumbs yang lama, silahkan untuk menghapusnya terlebih dahulu.
4.  Cari kode </b:skin> dan letakkan CSS ini diatasnya.
.breadcrumbs{padding:0 5px 5px 0;margin:0 0 5px;font-size:11px;border-bottom:1px dotted #ccc;font-weight:normal}

5.  Cari kode <b:includable id='main' var='top'> dan ganti dengan kode dibawah ini.

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>&#187; <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span></b:loop>&#187; <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> &#187; <span>Unlabelled</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> &#187; <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable><b:includable id='main' var='top'><b:include data='posts' name='breadcrumb'/>
6.  Save template anda.


Sudah selesai, cuma 2 step, gimana gampang kan ? Sekarang silahkan untuk mengecek breadcrumbs anda di :
http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets


Last Words

Semoga label breadcrumbs anda saat ini benar benar terindex google dan blog anda menjadi posisi teratas di SERP google. Sekian post tentang Cara Membuat Label Breadcrumbs Terindex GoogleJangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)


Share this

Related Posts

close