Cara Scan blog dari malware script

Sebuah keindahan template blog memang penting bagi kita dan akan membuat pengunjung terkesima dengan blog kita. Tetapi yang paling penting adalah apakah template anda itu mengandung malware ?

Setiap orang kebanyakan hanya memilih template yang bagus menurut dirinya sendiri tetapi tidak mengetahui apakah template tersebut aman untuk blognya, maksudnya adalah tidak mengandung malware dan sejenisnya. Sebenarnya ada banyak pembuat template yang menyisipkan sebuah script ke dalam template buatannya. Salah satu cara untuk mengetahui apakah template website anda tidak mengandung malware adalah dengan mengeceknya di berbagai tools yang telah disediakan di Internet secara gratis. Dalam artikel kali ini saya akan mengulas itu semua. Jika anda tertarik  anda dapat melanjutkan membaca sampai kebawah dan jangan lupa like postingan ini jika anda menyukainnya. :) dan jangan lupa klik iklannya haha.. just kidding :D

1. Sucuri:

Sucuri adalah website yang mengenali secara menyeluruh dan sejauh ini merupakan scanner terbaik bagi keamanan website para Blogger. Mereka menyediakannya secara Gratis penggunaan alat yang memindai situs Anda dan menyediakan informasi dasar apakah ada potensi risiko atau tidak. Namun, jika Anda terlalu banyak khawatir tentang keamanan situs Anda maka Anda harus mencoba versi Dibayar (PRO). karena versi ini akan memberikan banyak rincian yang lebih mendalam. Lalu Sucuri akan mengawasi situs Anda 24jam setiap harinya dan akan mencegah situs Anda dari ancaman malware dan sejenisnya. Sucuri akan menandai IP dari para pengguna yang ditemukan melakukan kegiatan yang mencurigakan. Selain itu, mereka juga mengirim pesan peringatan jika mereka melihat sesuatu yang mencurigakan terjadi di situs Anda. Hal ini sebanding dengan harga dan anda akan mendapatkan versi PRO-nya.


Percaya atau tidak beberapa perusahaan terkemuka seperti BBC, CNN, PC World, TechCrunch, TheNextWeb dan perusahaan lain merekomendasikan ini kepada semua orang. Orang-orang ini terlalu baik dan tahu bagaimana menangani hal-hal ketika Anda jauh dari situs Anda.

2. VirusTotal Scanner:

VirusTotal merupakan anak perusahaan dari Google, layanan ini gratis yang membantu Anda untuk menganalisa file-file dan URL-URL yang mencurigakan. Anda dapat mengidentifikasi worm, trojan, malware dan file yang mencurigakan lain yang ada di situs Anda.


Untuk menscan website anda d VirusTotal, masuk ke alamant https://www.virustotal.com/en/#url dan masukan url website anda pada kotak. Lalu tekan enter dan tunggu beberapa saat sampai kotak result muncul. Apakah website anda bersih dan amankah?

3. Comodo Web Inspector:

Comodo site inspector adalah perangkat gratis yang melakukan pekerjaan cukup mengesankan. Comodo site inspector akan menscan situs Anda berdasarkan Blacklist Checking, Phishing, Aktivitas berbahaya, Malware Download dan Aktivitas yang Mencurigakan lainnya. Walaupun saat menscan agak lama dan rincian detail dari hasil scan kurang atau dapat dikatakan lebih baik securi dan virus total.



Note: waktu pemindaian akan memakan beberapa saat waktu. Saya harap anda bersabar dan tidak meminimaze ataupun mengclose browser anda. Result page akan muncul dengan sendirinya jika proses scanning telah selesai.

Last Words

Jadi kesimpulannya, malware tentu saja dapat merugikan semua orang pengguna Hp, PC, Laptop dan sejenisnya. Karena malware ini virus yang berbahaya dan mencuri document dan file-file penting dari PC anda. Jika blog anda mengandung script malware, otomatis orang yang membuka atau mengunjugi situs anda akan terkena serangan virus malware. Itu terjadi jika browser pengunjung tidak menggunakan protect dari antivirusnya. Sekian post tentang Scan blog anda dari malware script X_X. Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)


Share this

Related Posts

close