Cara menghosting files di Google Code In Blogger


menghosting files di Google Code
Blogger menggunakan sistem komputasi awan, sehingga menawarkan sedikit kesempatan untuk para penggunanya untuk hosting berbagai jenis file pada situs web mereka. Dengan kata lain, Anda dapat mengatakan bahwa Blogger telah menyediakan Hosting Gratis di mana pengguna dapat meng-upload file inti dari situs mereka seperti JavaScript dan file CSS. Seperti yang sudah saya tulis di post sebelumnya tentang Mengapa blogger pakai sistem komputerasi awan?Oleh karena itu, hari ini di artikel ini, saya akan menunjukkan cara Bagaimana mengHost file di Google Code di Blogger. Dengan menghosting java script dan css di google coda dapat mempercepat loading blog anda.
Maaf tutorial google code saat ini tidak berlaku lagi. Mungkin google code benar-benar ingin ditutup karena banyak penyalahgunaan script. Isu yang muncul akan ditutup pada tahun 2014 mendatang. Solusinya : anda dapat menghosting code anda di Google Drive. Baca lebih lanjut DISINI

What is Google Code?

Google Code adalah setup platform untuk Pengembang (webmaster). Ini adalah home bagi para pengembang yang mana mereka dapat meng-upload API mereka dan hal-hal teknis lainnya. Situs ini menyediakan berbagai pilihan yang berbeda, yang membantu pengembang untuk mengembangkan aplikasi yang lebih baik. Manfaat dari menggunakan kode Google yang tak ternilai harganya karena mereka adalah satu-satunya organisasi yang menyediakan Free Hosting dengan bandwidth tak terbatas. Hanya sedikit orang yang menganggapnya sebagai bagian magisc untuk developer hardworking.

How to Host JavaScript Files on Google Code?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah untuk login ke Gmail atau akun Google. Setelah log in ke account Anda, pergi ke code.google.com dan tekan “Create a new project” tombol hadir di bagian bawah layar Anda. Untuk lebih jelasnya, lihat screenshot berikut. 

hosting files di Google Code

Step #1: Creating a Project:

Pada menekan “Create a new project button” a new wizard akan muncul yang akan menanyakan beberapa rincian tentang project i.e. Project name, description, dan lain-lain. Di bawah ini saya akan membahas masing-masing dalam urutan sistematis.

Project Name: Di area teks, Anda harus menulis nama proyek Anda. Perlu diingat, apapun kata kunci yang Anda akan masuk dalam kotak akan bertindak sebagai URL development Anda. Misalnya, Anda masukkan "ujangyoyo" sebagai nama proyek, ketika Anda akan meng-upload file javascript misalnya. Itu hanya dapat diakses melalui URL ujangyoyo.googlecode.com/files/example.jsOleh karena itu, tulislah nama proyek yang unik dan bermakna.
hosting files di Google Code
  • Project summary: Anda diperbolehkan menulis sedikit tentang proyek Anda, tidak boleh lebih dari 5 sampai 6 kata karena hanya sebuah ringkasan singkat dari rencana Anda.
  • Description: Menulis penjelasan rinci tentang proyek Anda. Jika tidak, anda tidak bisa melanjutkan langkah selanjutnya.
  • Version control system: Anda akan disuguhi oleh tiga option pilihan yaitu. Git, Mercurial and Subversion. Dari ketiga pilihan itu Anda harus memilih "Mercurial".
  • Source code license: Itu tergantung pada Anda, lisensi yang ingin Anda pilih untuk proyek Anda. Namun, kebanyakan orang lebih memilih untuk label proyek mereka sebagai "MIT License". Atau anda juga bisa memilih GNU v3 lisensi
  • Project label(s): Berikan satu atau dua label agar anda dapat mencarinya dengan mudah.

Step #2: Uploading Files on Google Code:

Setelah memasukkan rincian file tekan “create project”  dan akan membawa Anda ke dashboard development yang akan membantu Anda untuk mengelola tugas Anda. Untuk meng-upload file, masuk ke Downloads >> New download and upload your files.
Hosting file on google code

Sekarang masukkan rincian file yaitu nama file, deskripsi, dan lain-lain. Pilih file yang ingin Anda upload pastikan ukurannya tidak boleh lebih dari 200MB. Juga perlu diingat anda mendapatkan 4.096 MB kuota per proyek sehingga jangan melebihi batas.

Hosting file on google code
Setelah semuanya selesai, tekan tombol "submit file" untuk upload file Anda dengan benar pada server kode Google.

Step #3: Getting the File URL:

Langkah terakhir adalah menemukan URL dari file Anda. Di page Download, Anda akan melihat file yang Anda upload beberapa saat yang lalu. Pilih nama dari file upload, dan itu akan membawa Anda pada sebuah halaman baru.

Hosting file on google code
Pada halaman baru tersebut klik kiri pada nama file dan pilih "Copy link location" atau "Salin alamat link" tergantung pada browser anda. Link ini adalah link dari hasil host file tadi. Jika sudah copy link tersebut, anda dapat menyimpan kode yang sudah anda host tadi dalam bentuk:
<script src='link host anda' type='text/javascript'/> 
Simpan di atas kode </body>. Jika anda menghost semua CSS dan Script-script dalam template anda, saya yakin blog anda akan cepat terload (loading cepat).

Last Words

Bagaimana? mudah sekali bukan? Post kali ini saya ambil dari blog (mybloggerlab.com). Sekian post tentang Cara menghosting files di Google Code In BloggerJangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)


Share this

Related Posts

close