Cara Mengaktifkan Meta Tag Description

Blogger Meta Description
Semakin hari blogger semakin berkembang pesat. Ada banyak platforms yang menyediakan jasa blog seperti hanya blogger. Tetapi yang paling tumbuh berkembang pesat adalah blogger.com. Beberapa saat lalu blogger memperbaharui interfacenya itu, dan sekarang sudah banyak feature yang ditambahkan.

Interface baru ini telah membawa banyak manfaat untuk SEO. Sebelum perubahan ini kita tidak dapat membuat blog kita sepenuhnya SEO friendly tapi sekarang tim blogger telah memungkinkan.

Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan metadata dalam suatu halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian  “head” atau di bawah kode <head> dalam HTMLtersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword)yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”.

 How To Enable Meta Description Tags For Homepage ?

  • Masuk ke Blogger >> Settings >> Search Preferences
  • Di Meta Tags Section , Click On Edit >> Yes 
  • Lalu akan muncul box, tulislah Meta Description tentang homepage blog Anda dan ingat bahwa karakter harus di bawah 150. Di atas 150 karakter tidak diperbolehkan. 
Cara Mengaktifkan Meta Tag Description
  • Click Save Changes.
Jika Anda menggunakan Template default Blogger maka akan mudah tetapi jika Anda menggunakan Custom Template Blogger maka anda harus menambahkan beberapa kode XML di <head>. Karena sebagian besar kustom blogger template menggunakan meta tag lama blogger . Jadi untuk menghindari masalah ini Anda perlu menambahkan XML singkat untuk template Anda. Berikut ini cara-caranya..
  • Masuk Blogger >> Template >> Edit Html 
  • Temukan kode <head> dan simpan kode dibawah ini tepat setelah kode <head>
    <b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
    <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
    </b:if>
    • Simpan Template & Anda telah berhasil menambahkan meta tag dalam template kustom blogger Anda. Sekarang Mari kita melompat ke proses selanjutnya untuk menambahkan meta description untuk setiap posting atau halaman.
      Cara Mengaktifkan Meta Tag Description

      Add Meta Descriptions To Each Post & Page

      Ketika Anda akan menambahkan meta tag deskripsi untuk homepage maka fitur tambahan akan otomatis diaktifkan yang menambahkan deskripsi meta untuk setiap posting & halaman. Dalam rangka untuk menambahkan deskripsi meta untuk setiap halaman posting &, ikuti langkah-langkah di bawah ini diberikan.
      • Masuk ke Blogger >> Create New Post OR Edit Post
      • Lihat disidebar kanan, anda akan melihat Search Description box yang ditandai digambar diatas
      • Dalam kotak teks, Anda dapat menambahkan deskripsi posting.

      Last Words

      Bagaimana? sangat mudah sekali bukan? jika anda menerapkannya, saya sakin google akan mengindex anda dengan cepat dan muncul di SERP awal .Sekian post tentang Cara Mengaktifkan Meta Tag Description.Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)


      Share this

      Related Posts

      close