Cara Membuat Spoiler pada Postingan

Jika blog anda adalah blog tutorial atau apapun itu,  jika anda memasangkan sebuah kode atau script pada post yang sangat panjang. Pasti itu akan mengganggu dan akan terlihat kesan kurang rapih. Ada banyak cara sebenernya untuk menyelesaikan masalah itu, seperti membuat scroll pada kode tersebut atau spoiler.

  Apa sih spoiler itu ? Spoiler digunakan untuk menyembunyikan postingan agar tidak terlihat secara langsung, namun masih tetap dapat dibuka dan dilihat. Bukan untuk menyembunyikan post, melainkan agar tersembunyi. Hal ini bertujuan agar dapat meringankan sebuah halaman blog atau website dan memberi kesan rapih pada post (jika panjang lebar).
     Spoiler berguna banget menurut saya, dapat digunakan untuk menyusun script pada postingan agar terlihat rapi. Sebuah script biasanya pada panjang jadi digunakanlah spoiler agar dapat disingkat rapi.  Selain itu juga dapat digunakan untuk merapikan sebuah postingan sehingga postingan nampak tersusun rapi dan sistematis.

Ini dia yang saya maksud :


Judul
Teks anda.. test 1 2 3

Ini Scriptnya :
<div><div style="margin: 5px;">
<div class="smallfont" style="margin-bottom: 2px;"><i><span style="font-weight: bold;">Judul</span></i><input value="Show" style="margin: 0px; padding: 0px; width: 60px; " onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Hide'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Show'; }" type="button"/>
</div>
<div class="alt2" style="border: 1px inset ; margin: 0px; padding: 6px;">
<div style="display: none;">
Teks
</div></div></div></div>
Keterangan : 
> Ganti kata berwarna biru dengan judul spoiler anda
> Ganti kata berwarna merah dengan Teks yang ingin adan sembunyikan

Cara pemasangan

  1. Buka entri yang anda akan edit
  2. Pilih mode "Edit HTML" di lembar penulisan (tepat dipojok kanan)
  3. Paste script spoiler
  4. Tulis teks yang ingin anda sembunyikan dalam mode "Compose"
  5. Pindah lagi ke mode "Edit HTML". Copy teks yang tadi anda tulis dan pastekan di dalam Script Spoiler (teks warna merah)
Untuk memperindah post dan menarik perhatian pengunjung, alangkah baiknya anda juga mengikuti postingan berikut :

Last Words

Jadi kesimpulannya, walaupun postingan anda berbobot atau sedang banyak dicari, tetapi kebanyakan orang akan lebih memilih untuk meninggalkan blog anda jika postingan tersebut tidaklah rapi, jadi perbaiki postingan anda dan tambahkan beberapa desain dalam postingan anda. Sekian post tentang Cara Membuat Spoiler pada Postingan. Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)


Share this

Related Posts

close