Cara mendaftarkan Sitemap Blog ke Google agar terindex

Mendaftarkan Sitemap Blog ke Google agar terindex

Mengirimkan sitemap ke Google adalah cara terbaik untuk meningkatkan traffik Anda. Mengirim sebuah sitemap berarti mengirim permintaan ke search engine untuk mengindex semua post dan page blog kamu agar muncul di search engine.  Tetapi terindex saja tidak akan membuat blog anda menambah trafik secara instan, karena banyak ribuan pesaing lainnya yang berebut 10 posisi teratas di SERP (search enggine result). Anda perlu beberapa trik khusus seperti

-  Cara Membuat Label Breadcrumbs Terindex Google.
-  Cara Mengaktifkan Meta Tag Description
-  Menambahkan Rating/ Bintang Pada Hasil Pencarian (SEO)

Jika Anda memiliki sebuah blog yang berisi 30/40 posting, halaman maka Anda harus mengirimkan sitemap ke mesin pencari untuk meningkatkan traffic blog Anda. 
Anda jangan menjadi malas dalam mengirimkan sitemap ke mesin pencari karena hal ini merupakan penting dalam meningkatkan trafik dan seoAnda bisa mengatakan bahwa itu adalah jantung dari seo. Ada dua langkah utama untuk mengirimkan sitemap. Pertama adalah memverifikasi blog Anda pada Google Webmaster tools dan lalu mengirimkan sitemapnya. Jadi teman-teman apa yang Anda tunggu, mari kita mulai saja.

Step 1: verifikasi blog Anda pada Google Webmaster tools

Untuk verifikasi blog/site anda pada Google Webmasters Tools , Buka Webmasters Tool dan sign in dengan google account anda. Setelah sign in, Anda akan berada di homepage dan di sana Anda akan melihat semua blog Anda. Jika Anda menggunakan blogger maka semua blog akan secara otomatis ditambahkan ke alat webmaster google karena blogger milik google. Jadi, untuk memverifikasi klik blog Anda sorot ke tombol  'Kelola Situs' di sisi kanan blog Anda dan lalu klik 'Tambah atau hapus pengguna'

  • Click 'Manage Site Owners' >> Verify Using Different Method

Manage site

  • Centang  'Html Tag'
  • Kode meta tag akan muncul, copy kodenya

Mendaftarkan Sitemap Blog ke Google agar terindex

  • Go To Blogger >> Template >> Edit Html >> Proceed
  • Cari <head> dan simpan meta tag code tadi dibawah <head>
  • Click Save Template
  • Buka web masters tool tab and click 'VERIFY'

Mendaftarkan Sitemap Blog ke Google agar terindex


  • Setelah mengklik 'Verify' button , Anda akan melihat pesan congratulations, Dan itu berarti Blog Anda sudah terverivikasi di Google Web masters Tool dan sekarang mari kita melompat ke langkah kedua.

Step 2: Submit Blogger Sitemap Ke Google.


  • Kembali ke webmaster tool's homepage dan klik salah satu blog Anda yang sitemapnya mau anda kirimkan
  • Click 'Optimization' dan pilih 'Sitemaps'

Mendaftarkan Sitemap Blog ke Google agar terindex


  • Click "Add/Test Sitemap"

add a sitemap

  • Copy kode di bawah dan paste di dalam kotak yang muncul setelah mengklik 'Add/Test Sitemap' dan click 'Submit Sitemap'.

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Note Kode di atas adalah untuk 1 sampai 500 posting dan jika Anda memiliki lebih dari 500 tulisan yang dipublikasikan di blog Anda, maka Anda hanya menyalin kode ke dua di bawah ini dan tempel pada kotak teks.
atom.xml?redirect=false&start-index=500&max-results=1000 

Last Words

Bagaimana? cukup mudahkan cara-cara diatas? Jadi kesimpulannya, pengindeksan google itu agak lama, kira kira selama satu minggu, dan untuk dapat muncul di 10 teratas (SERP), anda harus menuliskan banyak keyword yang berhubungan dengan post dan banyak dicari. Oh iya jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI dan jika mau copas, cantumin dong Url postingan ini ya ! 

Sekian post tentang Mendaftarkan Sitemap Blog ke Google agar terindex. Saya telah mencoba yang terbaik untuk membuat tutorial ini sesederhana mungkin untuk dapat anda pahami. Jika Anda masih menghadapi masalah untuk Mendaftarkan Sitemap Blog ke Google agar terindex. Maka jangan ragu untuk bertanya kepada saya. Tinggalkan komentar di bawah posting ini dan saya pasti akan membalas Anda jika ada waktu yang memungkinkan. Maaf bila ada salah-salah kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda. Tetap terhubung dengan Ujangyoyo karena akan ada postingan baru yang lebih menarik. Happy Blogging friends!


Share this

Related Posts

close