Susunan tags H1, H2, H3, H4, H5, H6 yang benar pada blog

Susunan tags H1, H2, H3, H4, H5, H6 yang benar pada blogKeinginan setiap webmaster adalah membuat blognya masuk ke SERP (search enggine optimazation) dan menjadi peringkat pertama. Dengan begitu akan dapat membawa pengunjung unik yang singgah di blog kita. Untuk menjadi peringkat pertama di SERP memerlukan usaha dan kerja keras untuk membangun blog dengan artikel berbobot dan juga disertai dengan blog yang SEO 100% baik on page maupun secara struktur template. Nah yang akan saya bahas kali ini adalah SEO pada struktur template, karena kalo on page yang dapat menilai hanya google atau search enggine lainnya. Sedangkan struktur template dapat dinilai oleh google dan oleh kita juga. 

Struktur template itu harus tersusun dengan baik, diibaratkan sebagai bentuk bangunan, setiap pondasi bangunan harus tersusun beraturan dan rapi. Struktur template yang sebenernya kita tahu mungkin <head>, <body>, ada bagian sidebar-wrapper, header-wrapper,footer-wrapper dan sebagainya. Tetapi struktur template yang dilihat oleh search enggine adalah struktur tags H1, H2, H3, H4, H5, H6. Apakah anda sudah mengetahui tentang tags tersebut ? Jika belum, mari ikuti tutorial kali ini, karena saya akan membahas itu semua.

Susunan H1, H2, H3, H4, H5, H6 itu merupakan adik kakak (biar gampang). H1 adalah kakak terbesar dan H6 adalah adik terkecil. Liat susunan dibawah ini :
<h1>Bumi</h1>
<h2>Asia</h2>
<h3>Indonesia</h3>
<h4>Jawa Barat</h4>
<h5>Majalengka</h5>
<h6>Tarikolot (desa saya) :D</h6>


Diatas merupakan pembahasan tag tag pada wilayah tempat, nah bagaimana susunan pada template blogger ? Kita mulai dari judul / title blog yang paling penting dikategorikan sebagai kakak terbesar dan widget footer tidak begitu penting dikategorikan sebagai adik terkecil. Liat bagan dibawah ini gan agar lebih mengerti :
<h1>Judul Blog</h1>
<h2>Judul artikel</h2>  
<h3>Judul pada tulisan artikel</h3>
<h4>subbab dari tags h3</h4>
<h5>Widget</h5>
<h6>Widget</h6>
H1 ---> jumlah hanya 1 biji dan maksimalnya 2 biji
H2 ---> jumlahnya terserah anda (2-5 best)
H3 ---> jumlah 
jumlahnya terserah anda (up to 6 best)
H4 ---> jumlah tidak terbatas
H5 ---> jumlah tidak terbatas
H6 ---> jumlah tidak terbatas
Setiap tags memiliki jumlah maksimal dan bahkan ada yang tidak terbatas seperti  yang saya tulis diatas. H1 menjadi terbatas karena H1 hanya diperuntukan untuk judul blog dan deskripsinya. H2 untuk judul artikel, jumlahnya tidak terbatas dan jumlahnya itu sesuai dengan jumlah postingan blog anda. H3 adalah sub judul pada bagian artikel, misalnya judul artikel : Hewan karnivora. Maka sub judulnya berupa macam macam hewan karnivora, struktur gigi hewan karnivora dan sebagainya. Sedangkan H4-H6 adalah kode untuk widget. H4 = widget penting, H5 = sedang saja, H6=widget tidak penting. Loh kenapa kok saya bilang widget penting, sedang dan tidak penting ? Maksudnya adalah sebuah browser akan meload sebuah situs berdasarkan susunan pertama yaitu H1 lalu berurutan sampai ke H6. Jadi yang terload adalah widget H4 dulu lalu H5 dan H6.

->  Penerapan dan memperbagus tags h2, h3 dan h4 dalam postingan


Last Words

Bagaimana? apakah anda sudah mengerti tentang susunan tags H1, H2, H3, H4, H5, H6 ? Lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali. Jika belum mengerti saya sarankan baca dua kali postingan saya :D haha. Atau anda dapat bertanya kepada saya. Tinggalkan komentar di bawah posting ini dan saya pasti akan membalas Anda jika ada waktu yang memungkinkan. Maaf bila ada salah-salah kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda. 

Sekian post tentang susunan tags H1, H2, H3, H4, H5, H6 yang benar pada blog. Saya telah mencoba yang terbaik untuk membuat tutorial ini sesederhana mungkin untuk dapat anda pahami. Oh iya jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI dan jika mau copas, cantumin dong Url postingan ini ya ! Tetap terhubung dengan Ujangyoyo karena akan ada postingan baru yang lebih menarik. Happy Blogging friends!


Share this

Related Posts

close