Cara membackup postingan, komentar, dan template blogger

backup postingan, komentar, dan template
Kecelakaan memang sering terjadi kepada semua orang, tidak hanya didunia real saja, kadang kala di dunia maya. Kecelakaan tersebut berupa data hilang, pengalihan kekuasaan (pembajakan) oleh para hackers dan sebagainya. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan itu semua, selain membiasakan diri untuk membackup semua arsip website. 

Menjadi pengguna blogger, tidak ada jaminan bahwa blog Anda aman dari penghapusan, itulah harga menggunakan platform gratis. Karena, situs Anda disimpan di server Google. Oleh karena itu, jika situs Anda tidak sesuai dengan Syarat dan layanan mereka, mereka akan menghapus situs Anda tanpa memberikan kesempatan kedua. Anda mungkin pernah mendengar dari banyak pengguna co-Blogger bahwa situs web mereka lenyap dalam semalam. Sebagai seorang blogger Google, tidak ada cara untuk mengembalikan blog Anda yang telah dihapus. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri sendiri adalah untuk membuat back up dari sekuruh isi situs Anda. Dalam pasal ini, saya akan menunjukkan cara untuk membuat back up Blog Anda.


recomendation: Cara Mengembalikan Postingan yang terhapus di blogger.

Mungkin ini adalah harga / setimpal dengan menggunakan platform secara gratis. Bayangkan perasaan seseorang yang menghabiskan hari dan malam untuk memposting dan mengolah website-nya, dan tiba-tiba Google menghapus situs-nya karena mengandung beberapa pelanggaran. Bahkan mungkin lebih parah dari hal itu.

How To Backup of Posts, Pages and Images?

Untuk membackup website, Anda harus masuk dulu ke akun Blogger.com >> Setting >> Other. Disitu tertulis Ekspor blog pada Blog tools. Sekarang akan muncul jendela baru, cukup pilih tombol oranye "Download Blog" dan sebuah file akan di-download dengan format "XML". File tersebut berisikan semua data dan rincian tentang blog termasuk posting, gambar, dan page bog anda. File yang didownload tersebut dapat digunakan pada platform WordPress, atau platform populer lainnya.

How to Backup Template?

Membackup template juga sangatlah penting, terutama jika akan mengedit template secara garis besar. Misalnya mengedit komentar, mengedit bagian bagian template yang dianggap penting. Jika ada yang bertanya-tanya bagaimana untuk membackup template, hal pertama yang harus anda lakukan ialah masuk ke akun Blogger >> Template >> Backup / Restore. Lalu akan muncul kotak dan tekan tombol "Download full template". Dan template berhasil dibackup (diunduh). File yang didownload berformat XML dan tidak dapat digunakan pada platform lain kecuali Blogger.

backup postingan, komentar, dan template


Last Words

Bagaimana? sangat mudah sekali bukan? Di masa mendatang yang tidak kita ketahui, jika situs Anda dihapus oleh google, maka Anda dapat mengembalikan isi dari situs anda dan dapat bermigrasi ke WordPress atau blog baru anda, tanpa kehilangan posisi SERP. Dengan redirect link permanen, kita dapat dengan mudah mengarahkan semua trafik ke situs baru anda. Baca Cara meredirect blog lama ke blog baru

Jika Anda memiliki pertanyaan maka beritahu saya di komentar. Sekian post tentang Cara membackup postingan, komentar, dan template blogger. Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda. Tetap terhubung dengan Ujangyoyo karena akan ada postingan baru yang lebih menarik. Happy Blogging friends!


Share this

Related Posts

close