Cara mengembalikan Postingan yang terhapus di blogger

mengembalikan Postingan yang terhapus
Memulihkan posting Anda yang terhapus tampak menjadi tugas yang menantang. Karena, semua data berada di bawah kepemilikan Google. Oleh karena itu, sulit untuk memulihkan database Anda melalui Hosting atau layanan lainnya. Selanjutnya, Blogger tidak memiliki fungsi pulih, blogger  hanya menyediakan untuk cadangan Posting dan Komentar. Oleh karena itu sering seringlah membackup postingan, komentar, dan template anda jika hal itu terjadi. Untungnya, ada sebuah metode di mana Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali posting dan halaman Anda yang terhapus dalam hitungan detik. Hari ini, dalam artikel ini saya akan menunjukkan cara untuk memulihkan postingan blog anda yang terhapus. Ada banyak metode di mana Anda dapat memulihkan post yang tidak tersengaja kehapus dari situs Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin.
  1. Ambil dari Feeds, melalui teks.
  2. Ambil dari Search Engine Cache, melalui teks.
  3. Ambil dari Search Engine Cache, melalui Post ID.
Cara yang paling banyak dilakukan dan terbukti berhasil adalah dengan menggunakan Cache mesin pencari untuk mengambil Pos ID. Dengan Menggabungkan Pos ID dengan ID Blog, anda bisa langsung mendapatkan akses ke Blogger Posting Editor yang memuat konten terhapus yaitu teks dan gambar yang dihapus tidak sengaja. Asalkan Anda belum menghapus cache dari browser anda dan google belum memperbaharui indeks post blog anda. Dengan kata lain, post tersebut belum lama terhapus oleh anda. Maksimalnya 1 minggu, tetapi post saya berumur satu bulan masih ada, dan berhasil dikembalikan. Walaupun hanya beberapa yang kembali, agar kita tidak memulai membuat post itu dari awal lagi. Tetapi sekarang sudah tidak tersedia lagi, karena saya sudah memperbaharui sitemap saya di google webmaster.

Mencari Cache Copy Post Dari Search Engine:

Jika postingan Anda telah terindeks di mesin pencari Google, maka sekarang masuk ke Google.com dan menulis Judul artikel Anda sesuai dengan postingan (tulis judul lengkap artikel Anda sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menampilkannya dalam hasil). Biasanya hasil yang muncul adalah alamat blog kita yang berbeda domainnya.

Awalnya : ujangyoyo.blogspot.com
Menjadi  : ujangyoyo.blogspot.dk

cache postingan

Setelah menemukan posting Anda dalam hasil pencarian, klik tanda panah kecil dipinggir alamat postingan anda. Sebagaimana ditunjukkan pada screenshot diatas. Hanya tekan tanda "Panah >>" dan akan muncul kotak berupa "cached dan share". Pilih cached dan akan terbuka jendela baru mirip seperti screnshot dibawah.


tampilan cache postingan








Jendela baru ini menunjukan halaman postingan yang terhapus, Sebenernya dari sini juga anda sudah bisa mencopas postingan yang terhapus tersebut. Dan sisanya tinggal merapihkannya. Tetapi bagi anda yang males merapikannya, pada halaman tadi, tekan CTRL + U. Lalu cari kode post hentry. Kode selengkapnya seperti dibawah ini

<div class='post hentry'>
<a name='5177832322223143509'></a> (postID postingan)
<div class='bordertop'></div>
<h1 class='post-title'>
Cara menghindari penipuan Telkomsel (judul postingan)
</h1>

Dibawah kode </h1> ada kode HTML postingan anda. Tau apa kode HTML postingan ?
Saat kita menulis sebuah artikel, biasanya menulis dalam mode Compose. Nah jika kita klik dalam mode HTML maka yang akan keluar adalah kode HTML postingan. Sama seperti kode dalam template kita. Jadi tinggal anda copy semua kode HTML dibawah </h1> sampai secukupnya. 

Loh kok secukupnya ?
Iya karena setiap kode HTML postingan itu berbeda beda. Untuk mengetahui kode HTML postingan, terlebih dahulu anda harus mengetahui kode apa saja yang berada dibawah postingan blog anda. Misalnya saja kode widget sharing, atau kode email subcribe, atau mungkin kode iklan. Nah berarti akhir dari kode HTML postingan ialah sampai awal kode widget share (misalnya).

Untuk memasukannya anda cukup manaruh kode HTML tadi kedalam postingan baru dalam mode HTML bukan Compose. Nih liat screenshot dibawah ini, barangkali belum tau
mode dalam menulis artikel

Last Words

Bagaimana? sangat mudah sekali bukan?. Ingat !! postingan yang telah lama terhapus tidak akan bisa dikembalikan, kecuali jika itu masih diindeks google (anda belum memperbaharui sitemap google). Maksimumnya 3 minggu.

Jika Anda memiliki pertanyaan maka beritahu saya di komentar. Sekian post tentang Cara Mengembalikan Postingan yang terhapus di bloggerJangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda. Tetap terhubung dengan Ujangyoyo karena akan ada postingan baru yang lebih menarik. Happy Blogging friends!


Share this

Related Posts

close