Barusan saya blogwalking kebeberapa blog dan mendapatkan artikel ini dari blogdoodey.blogspot.com. Sekedar menyebar luaskan artikel ini, karena begitu pentingnya untuk meningkatkan popularitas blog di SERP (search engine result page). Siapa sih blogger / webmaster yang tidak ingin situs kesayangannya masuk kedalam search enggine, apalagi muncul di result page pertama. Keuntungan tersendiri bagi situs yang mempunyai trafik pengunjung unik dari SERP. Sama seperti blog ini. hehe pengen tau rahasianya ? baca post ini sampai tuntas. Ok ?
Pengertian dan seluk beluk DMOZ :D
Open Directory Project (ODP) adalah sebuah website directory yang merupakan sumber / contekan bagi search enggine. Contohnya saja, google atau yahoo, mereka tidak mungkin dapat mengetahui berbagai situs melainkan mempunyai sumber untuk mengetahui jenis dan keyword situs tersebut. Yang akan saya bahas kali ini adalah tentang DMOZ. DMOZ adalah situs directory search engine terbesar saat ini. Hampir kurang lebih sekitar 37.000 sukarelawan yang menjalankan tugasnya sebagai editor pada directory tersebut.
DMOZ ini termasuk fenomenal dan terhebat di dalam directory search engine karena hampir semua search engine terkenal mengacu pada directory DMOZ ini. Sebagaimana contohnya seperti, Google, Alexa, Yahoo, AOL, Lycos, Teoma, AskJeeves, Netscape, Hotbot, dan beberapa search engine lainnya. Proses untuk masuk ke directory tersebut terbilang sangat ketat dengan melewati beberapa tahap penyaringan. Untuk sebab itu tidaklah jarang jika ada web atau blog yang mendaftar lantas ditolak, bahkan tanpa adanya konfirmasi sekalipun.
Lalu, apakah dengan mendaftar ke ODP (DMOZ) ini traffic pengunjung akan meningkat?
Mengenai traffic pengunjung yang akan meningkat setelah mendaftar di sana, masih terlalu dini rasanya untuk menjawabnya. Akan tetapi, pada keyataannya blog atau situs yang telah telah terindeks oleh pada DMOZ tersebut trafiknya akan sangat meningkat. Mengapa? Hal ini disebabkan karena site/blog anda akan muncul hampir pada setiap direktori search engine terkenal, tentunya sesuai dengan kata kunci yang dicari yang berkenaan dengan deskripsi dan title blog anda. Menurut dari beberapa pengamatan, blog/situs yang terdaftar pada ODP (DMOZ) ini memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak terdaftar.
Coba saja anda bayangkan jika blog anda terindeks pada directory tersebut, dan apa jadinya. Berbanggalah! bahkan Google juga menggunakan DMOZ ini sebagai source/sumber, jadi jika terindeks DMOZ ini, akan menjadi sumber untuk mendatangkan trafik. Sangat rugi jikalau tidak mendaftarkan blog anda di DMOZ ini. Mendengar ini semua, pasti anda sudah tidak sabar untuk mendaftar blog anda bukan?
Cara mendaftar DMOZ
Baiklah, berikut adalah beberapa langkah untuk mendaftarkan blog sobat ke ODP (DMOZ) ini. Ikuti saja langkah demi langkahnya!
1. Pertama-tama, bukalah dulu situs DMOZ disini !
2. Klik pada World, lalu pilih bahasa yang digunakan.
3. Lalu pilih kategori blog sobat, misalnya ‘Komputer’.
4. Setelah memilih kategori tadi, selanjutnya kita memilih subkategorinya, misalnya ‘Internet’.
5. Lalu, kita memilih subkategori yang lebih rinci lagi, misalnya ‘Web Design’, kemudian pilih lagi, misalnya ‘Designer’.
6. Sampai pada tahap di atas, sobat sudah selesai dalam memilih kategori blog yang akan sobat daftarkan/submit. Nah, sekarang mulai sobat mendaftar, klik pada Suggest URL pada halaman atas pada halaman DMOZ.
7. Selanjutnya DMOZ akan mengarahkan sobat ke pengisian formulir. Perhatikan! Baca semua peringatan dan peraturan yang harus dipatuhi, ini sangat penting!
- Site URL : masukan nama alamat url site/blog anda.
- Title of Site : masukan title/judul halaman blog anda
- Site Description : isikan deskripsi blog anda
- Your E-mail Address : masukan alamat e-mail anda
- User Verification : masukanlah verifikasi teks yang ada pada gambar
8. Kemudian, klik tombol Submit.
Blog anda akan direview terlebih dahulu, jadi bersabarlah dan tunggu hasilnya. Setelah situs sobat diterima ke Open Directory, mungkin diperlukan lebih kurang 2 minggu sampai beberapa bulan untuk situs sobat tercantum di situs mitra yang menggunakan data Open Directory, seperti AOL Search, AltaVista, HotBot, Google, Lycos, Netscape Search, dll.
“Kami membuat update dari data yang tersedia mingguan, tetapi pasangan masing-masing memiliki jadwal update sendiri.” kata (ODP) DMOZ.
Baca juga postingan berikut ini :
Last Words
Jadi kesimpulannya, DMOZ itu bisa disebut sebagai sumber bagi search engine, setiap blog yang disubmit di DMOZ akan dicontek oleh google dan lain-lainnya yang akan membuat blog anda meningkat drastis. Sekian post tentang Daftar di DMOZ dapatkan kebanjiran visitor. Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)