25 Tips optimalkan blog agar lebih baik dan full SEO


Blogger memang platform penyedia jasa website gratis terbaik. Karena sudah banyak orang yang juga mengatakan hal yang sama.  Menurut saya juga begitu, saya lebih menyukai blogger dibandingkan wordpress dan lain lain. Kenapa, ya karena saya diajarkan begitu oleh guru TIK saya :D haha. Beberapa alasan mengapa blogger dikatakan platform penyedia jasa website gratis terbaik:

1. Blogger milik Google.
Anda tahu Google? masa nggak tau ? yang bener ? Google adalah mesin pencari website gambar dan pokonya segalanya ada, sampai-sampai orang menyebut google ini Mbah. Berarti google itu hebat. Jadi blogger itu telah resmi masuk / menjadi produk google, sama halnya dengan youtube. Diibaratkan google itu ayah dan blogger itu anaknya, masa ayah nggak sayang sama anaknya.

2. Menggunakan system penyimpanan data tercanggih
Seperti yang saya tuliskan dalam post post sebelumnya, yaitu mengapa blogger memakasi system komputerisasi awan. System komputerisasi awan adalah sistem penyimpanan data tercanggih yang digunakan google beserta blogger. Mereka menyimpan data-data user kedalam awan di langit. Kok bisa ya ? saya juga belum tau tuh -,- Aman dari pengguna Hacker dan data anda tidak akan terhapus kecuali oleh sipengguna User. Pokoke aman pisan

3. Gratis dan nyaman.
Selama menggunakan blogger satu tahun ini, saya merasa nyaman dan itu gratis pula. Banyak fiktur fiktur baru yang ditambahkan google dan membuatnya tambah keren aja seperti baru baru ini mempublikasikan Google+ Comenting.

Tetapi dalam semua fiktur itu, google sangat lemah / jelak dalam bidang SEO (search enggine optimation). Terkecuali jika kita tau dan bisa mengoptimalkan blog kita menjadi SEO optimal. Ada banyak yang harus kita lakukan agar blog kita SEO 100%. Berikut ini sudah saya rangkum beberapa tips dan trik SEO, jumlahnya hanya 25. Ok langsung lanjut membaca aja brooo...

SEO Tips and Tricks for Blogger Users

#1 – Add the Description Meta Tag to your Blog

Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang dipakai untuk mengaplikasikan metadata dalam suatu halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian  “head” (di bawah kode <head>) dalam Template. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword). Deskripsi Meta tag yang digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan preview potongan pada halaman hasil pencarian Google.
  • Aktifkan deskripsi pencarian pada setingan lalu isikan deskripsi blog Anda di kotak yang tersedia dan simpan pengaturan.
  • Cari kode <head> pada template anda. Simpan kode dibawah ini tepat setelah/dibawah kode <head>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'><meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/></b:if>
Untuk memperjelas, baca: Cara Mengaktifkan Meta Tag Description.

#2 - Clean Design for your Blog which is Easy to Navigate

Seberapa sering Anda memilih pergi ke hasil pencarian lain ketika Anda mendarat di sebuah website yang terlihat jelek/usang ? pasti semua orang juga mengalaminya. Lalu blog seperti apakah yang membuat orang tetap nyaman untuk membaca dan menjelajah blog kita ini?

Yaitu blog yang memiliki desain rapi, sederhana serta terstruktur (dapat membedakan mana postingan mana sidebar dan mana header). Lalu tersedia menu navigasi yang dapat memudahkan pengunjung memilih artikel sesuai dengan kategorinya. Jangan menambahkan script yang tidak perlu dan iframe untuk kode blog Anda. 

Recomendasi dari saya:

#Gunakan latar belakang putih atau gambar dominan putih. Karena kesan yang ditimbulkan dari warna putih ialah kenyamanan. Bisa anda bedakan sebuah blog yang warna dominan putih dan yang dominan hitam ?


  • Sediakan menu navigasi yang dapat memudahkan pengunjung memilih artikel sesuai dengan kategorinya
  • Sediakan daftar isi pada blog anda.

#3 - Hapus/Disable Navbar from your Blog

Anda dapat dengan mudah menyembunyikan navbar dari blog Anda dengan menggunakan CSS, tapi kode CSS yang biasa kita tambahkan adalah display: none; / visibility: hidden; Kode tersebut akan mendapan sanksi hukuman bagi blog anda karena Google dan mesin pencari lainnya tidak menyukai blog yang menyembunyikan text / konten dalam sebuah blog. Itu sangatlah buruk bagi SEO blog anda. Serta termasuk kedalam Black hat SEO dan karenanya harus dihindari. Aneesh joseph from BloggerPlugins discovered that just by adding a simple comment above the Body tag will completely remove/disable the navbar as well the code from our blog.
To start off, switch to the old layout of Blogger and go to the edit HTML option.
Download your blogs template by using the backup template option and then open it using Notepad.
Find the following piece of code in your template:
<body>
and just above the <body> tag add the following comment,
<!--<body>-->
Remove the CSS property you had earlier added to your template to hide the navbar and save your template.
Upload the template to Blogger.
Now open your blog and voila!, the Navbar is completely disabled from your blog.


Share this

Related Posts

close