Keluar Dari Hukuman Google dengan Google Link Disavow

Google semakin ketat untuk menghitung dan melihat website yang bekerja secara curang dan optimalisasi berlebihan. Kenapa kok google banyak sekali mengeluarkan perhitungan-perhitungan baru mulai dari google sandbox, google panda, google penguin dan sebagainya. Akibatnya bukan mendapatkan peringkat, justru malah mendapatkan hukuman berupa sandbox atau banned. Salah satu hal yang bisa menyebabkan hukuman tersebut yang jarang diketahui oleh orang adalah links. Orang-orang sering menyebutnya backlink. Google memperbolehkan backlink dengan syarat mematuhi peraturan site linking buatan google. Link harus tertanam di postingan tidak di dalam teks komentar (live link) dan tidak disimpan di sidebar atau footer. Google menganjurkan untuk membuat backlink berkualitas di dalam content post dan menggunakan OpenID atau url/name saat anda berkomentar. Mudah saja menyingkirkan masalah link yang ada di blog kita. Tapi bagaimana jika backlink anda "menempel" di blog orang lain? misalnya saja live link pada komentar ?

Anda bisa meminta ke admin tersebut supaya menghapus link tersebut. Tetapi jarang juga admin yang sudah tidak mengurus blognya lagi sehingga terbengkalai. Mustahil menghapus link yang sudah tertanam disebuah blog tanpa membajak blognya. Tetapi masih ada satu cara lagi yaitu dengan memanfaatkan tool Google's Link DisavowDengan alat ini kita bisa menyangkal bahwa link yang tertanam pada suatu blog adalah backlink anda. Nanti Google tidak akan memperhitungkan link tersebut sebagai backlink anda.

Menyusun list dan mengirimkannya ke Google link Disavow

Pertama-tama kita harus menyusun link jelek yang ada. Anda dapat melihat jumlah backlink di Alexa tool. Tetapi sekarang alexa tidak gratis lagi. Solusinya bisa memakai google webmaster. Baca postingan sebelumnya tentang Cara Menemukan Links Jelek (Unnatural Links). Jika sudah disusun silahkan menuju Google's Link Disavow.

Pada halaman pertama anda akan mendapatkan peringatan seperti ini:
If you believe your site's ranking is being harmed by low-quality links you do not control, you can ask Google not to take them into account when assessing your site.  
Yang artinya:
Jika anda yakin ranking situs anda sedang dirugikan oleh link-link berkualitas rendah yang tidak bisa anda kontrol, anda bisa meminta Google untuk tidak menghitungkannya saat menilai situs anda.
Hukuman Google dengan Google Link Disavow
Google Link Disavow
Langsung Pilih Salah Satu blog dari akun anda yang ingin anda proses penyangkalan linknya. Setelah itu klik tombol DISAVOW LINKSAnda akan dibawa ke sebuah halaman dengan peringatan baru seperti berikut:
This is an advanced feature and should only be used with caution. If used incorrectly, this feature can potentially harm your site's performance in Google's search results. We recommend that you only disavow backlinks if you believe that there are a considerable number of spammy, artificial, or low-quality links pointing to your site, and if you are confident that the links are causing issues for you.
Yang artinya 
Ini adalah fitur lanjutan dan sebaiknya selalu digunakan dengan hati-hati. Jika digunakan secara tidak semestinya, fitur ini berpotensi membahayakan kinerja situs Anda di hasil penelusuran Google. Sebaiknya Anda hanya menampik tautan balik jika Anda yakin Anda memiliki jumlah tautan spam, palsu, atau berkualitas rendah yang cukup banyak yang menunjuk ke situs Anda, dan jika Anda yakin bahwa tautan tersebut menyebabkan masalah.

Peringatan ini penting, karena jangan sampai anda menghapus semua backlink anda karena kecerobohan. Itu benar-benar masalah besar bagi blog anda dan akan menurunkan ranking blog anda baik di Pagerank atau SERP. Hapuslah backlink yang tidak semestinya seperti yang saya terangkan di paragraf pertama dan backlink pada blog yang berkualitas rendah (copaser, pagerank nol). Tapi jika anda sudah yakin ada tautan yang ingin anda hapus, silahkan klik tombol DISAVOW LINKS.

Anda akan diminta memilih file yang berisi daftar backlink yang ingin anda hapus. Jadi pastikan file ini HANYA berisi link-link yang ingin anda hapus. Listnya yang anda sudah ketemukan di google webmaster lalu disusun pada notepad dan disave dengan ekstensi txt. 

Caranya buka notepad atau apapun itu dan ketikkan seperti contoh berikut:
# I have asked the owner of domainA.com on 10/12/2012 to
# remove my backlinks from this site but got no response
http://www.thedomain.com
# Owner of domainB.com removed most links, but missed these
http://www.contohdomainB.com/contentA.html
http://www.contohdomainB.com/contentB.html
http://www.contohdomainB.com/contentC.html

Perhatikan bahwa teks harus dibuat dalam baris per baris. Baris biru pertama domainnya secara langsung dan menyeluruh. Tetapi baris biru kedua-keempat adalah domain dengan beserta url contentnya. Setiap baris yang bukan link (warna merah) harus diberi tanda pagar # untuk menyatakan bahwa baris itu harus diabaikan. Sedangkan baris yang berisi link, jangan diberi tanda pagar. Masukkan semua link yang ingin anda hapus dan simpan file ini disave dengan ekstensi txt kemudian diupload.




Metode ini tidak akan langsung memperlihatkan hasil, karena perlu proses. Jika telah berhasil menghapus backlink bermasalah, maka blog anda akan diperbaiki rangkingnya, tapi jika anda malah membuat kekeliruan dan menghapus backlink yang menguntungkan, maka bisa sebaliknya. Metode ini tidak akan langsung memperlihatkan hasil, karena perlu proses. 

Bagaimana? sudah pahamkah cara-cara diatas? Jika Anda masih menghadapi masalah untuk topik kali ini. Maka jangan ragu untuk bertanya kepada saya. Tinggalkan komentar di bawah posting ini dan saya pasti akan membalas Anda jika ada waktu yang memungkinkan.

Jadi intinya, Jika telah berhasil menghapus backlink bermasalah, maka blog anda akan diperbaiki rangkingnya, tapi jika anda malah membuat kekeliruan dan menghapus backlink yang menguntungkan, maka bisa sebaliknya menghancurkan blog anda.

Last Word

Bagaimana? sudah pahamkah cara-cara diatas? Jika Anda masih menghadapi masalah untuk topik kali ini. Maka jangan ragu untuk bertanya kepada saya. Tinggalkan komentar di bawah posting ini dan saya pasti akan membalas Anda jika ada waktu yang memungkinkan.

Sekian post tentang Keluar Dari Hukuman Google dengan Google Link Disavow. Oh iya jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISIMaaf bila ada salah-salah kata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda. Tetap terhubung dengan Ujangyoyo karena akan ada postingan baru yang lebih menarik. Happy Blogging friends!


Share this

Related Posts

close