Cara membuat Contact Us Form menggunakan google drive

Google drive contact us form
Halaman contact us adalah kebutuhan setiap webmaster atau blogger. Memiliki formulir kontak di blog Anda adalah keharusan jika Anda ingin berinteraksi dengan pengunjung Anda. Jika pengunjung Anda membaca posting Anda dan ingin menghubungi Anda, maka mereka akan dapat langsung menghubungi Anda melalui formulir kontak.

Ada banyak layanan gratis yang tersedia di internet yang dapat Anda gunakan untuk membuat formulir kontak untuk blog blogger Anda, tetapi hari ini, saya akan berbagi beberapa langkah mudah yang akan membantu Anda untuk membuat contact form dengan menggunakan Google Drive. Anda semua tahu bahwa layanan Google menyediakan semua  layanan blogger secara gratis dan luar biasa, lalu mengapa kita pergi ke penyedia layanan lain untuk membuat sebuah contact form, jika Google memberikan kita fasilitas ini sendiri. Sekarang, tanpa mengambil terlalu banyak waktu Anda mari lanjut ke tutorial tentang Cara membuat contact us di Blogger menggunakan Google Drive atau Google Docs. 

Cara membuat Contact Form

  1. Masuk ke Google Drive dan login menggunakan akun GMail Anda.

  2. Click pada tombol Create disebelah kiti dan pilih Form option.



  3. Sebuah tab baru akan muncul. Masukan nama form dan pilih tema default. Lalu klik ok
  4. form name

  5. Lalu akan muncul tab pembuatan form. Sekarang masukkan Name di kolom Question Title  , centang pada required question dan kemudian tekan tombol done, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Gunakan question type : teks .

    form field
  6. Untuk menambah lebih banyak pilihan seperti Email, Subjek dan Pesan cukup tekan tombol item yang menambah dan tambahkan sebanyak item yang ingin Anda tambahkan dalam bentuk form Anda.
  7. Setelah Anda puas dengan bentuk, tekan tombol kirim bentuk dari sudut kanan atas layar.
  8. Sebuah kotak dialog akan terbuka. Click pada Embed button and salin seluruh kode  ke postingan atau ke page contact anda.
Tip: Kode akan terlihat seperti ini:
<iframe frameborder="0" height="500" marginheight="0" marginwidth="0" src="https://docs.google.com/forms/d/xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx/viewform?embedded=true" width="760">Loading...</iframe>
Formulir kontak telah dibuat. Sekarang kita harus mengaktifkan opsi pemberitahuan yang berarti ketika seseorang mengisi dan mengirimkan formulir dari blog kita, maka kita harus menerima pemberitahuan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Pengaktifan Pemberitahuan

  1. Click pada tombol "choose response destination" diatas page.

  2. choose response destination

  3. Sebuah kotak pop up akan muncul. Pilih tombol radio spreadsheet baru dan tekan tombol create. Lihat di bawah screenshot.
  4. create spreadsheet


  5. Sekarang klik pada tombol "view responses"





  6. Sebuah tab baru akan terbuka dengan spreadsheet.
  7. Sekarang klik pada menu Tools dan pilih aturan pemberitahuan.

  8. notification rules


  9. Sebuah menu popup akan muncul. Cukup centang pada  A user submits a form and Email - right away options dan tekan tombol simpan!
  10. email - right away


  11. Done!
Baca juga artikel menarik lainnya :
Submit Blogger Sitemap To Google
Pengertian dan 13 Cara Ampuh Mengatasi Bounce Rate
Cara Membuat Label Breadcrumbs Terindex Google.
- Cara membuat Contact Us Form menggunakan google drive

Last Words

Jadi kesimpulannya, komunikasi antara pengunjung dan webmaster itu amatlah penting. Ingat ? sebuah hubungan harmonis itu akan terjalin jika ada dua interaksi yang baik diantara orang tersebut. Sekian post tentang cara membuat Contact Us Form menggunakan google driveJangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISIJika ada kesulitan anda dapat menghubungi saya di contact form atau di kotak komentar. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :)


Share this

Related Posts

close